Friday 14 August 2015

tugas kuliah dasar-dasar algoritma

Untuk posttingan klai ini saya akan membahas tentang dasar-dasar algoritma . mengapa saya membahas algoritma karena saya kuliah di bidang informatika sudah pasti mempelajari algoritma :D
Pertama kita harus tau apa itu algoritma , algoritma adalah  urutan langka-langkah untuk memecahkan suatu masalah.
Ya, masalah apapun itu pasti ada pemecahanya dan urutan-urutan itu di sebut algoritma, dan tugas kita sebagai programer  untuk mendeskripsikan langkah-langkah penyelesaianya. Di dalam algoritma terdapat beberapa tipe dasar berikut tipe-tipe dasar pada algoritma :
Tipe Tipe Dasar Pada Algoritma
 - Bilangan Lojik (Boolean)
   Bilangan lojik hanya menganal dua buah nilai : benar (true) atau salah (false), karena ranah nilai tipe boolean hanya beranggotakan dua buah nilai , maka konstanta yang terdapat pada tipe ini adalah true dan false.  Operasi-operasi pada boolean dikenal dengan operasi logika. Operasi logika menghasilkan nilai true atau false. Operator logika yg umum di gunakan untuk operasi logika adalah : not , and, or dan xor.

- Bilangan bulat (integer)
Operasi yang dilakukan terhadap bilangan bulat ada dua macam , yaitu operasi aritmatika dan operasi perbandingan.
a. Operasi aritmatika
    Operasi aritmatika terhadap bilangan bulat dengan sembarang operator aritmatika menghasilkan nilai yang bertipe bilangan bulat juga. Operator aritmatika didefinisikan pada bilangan bulat adalah : + , - , *,  div (bagi) , mod (sisa hasil bagi)
b. Operasi perbandingan
     Operasi perbandingan terhadap bilangan bulat dengan salah satu operator relational menghasilan nilai boolean (true atau false). Operator perbandingan untuk bilangan bulat adalah : <, >, ≤, ≥, =, ≠.
    - Bilangan real
       Bilangan real adalah bilangan yang mengandung pecahan desimal seperti, 3.4, 3.9, 0.5 dst.  Operasi pada bilangan real sama seperti operasi pada bilangan bulat / integer.
    - Karakter (char)
      Yang termasuk kedalam karakter adalah semua huruf abjad, semua tanda baca, anda, dan karakter khusus seperti  &, ˆ , %, #, @,dsb.  Daftar karater baku dapat di lihat pada tabel ASCII.  Operasi yg dilakukan pada tipe karakter adalah operasi perbandingan  (<, >, ≤, ≥, =, ≠.)
    -String
      String adalah untaian karakter dnegan panjang tertentu. String sebenarnya bukan tipe dasar murni karena ia di susun dari elemen-elemen karakter. Namun karena string sering di pakai dalam pemograman maka string dapat diperlakukan sebagai tipe dasar.
      Semua konstanta string harus di ampit dengan tanda petik tunggal (‘). Contoh : ‘bandung’, ‘bunga’, ‘GANESHA’, dst.

Demikian tugas kuliah saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca, dan terimakasih telah berkunjung 

No comments:

Post a Comment